Minggu, 12 Februari 2012

Iklan sebagai Media &Metode Pembelajaran Bahasa Inggris (Bag III)



BAB III
RENCANA PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN
A.   Mekanisme Pelaksanaan Metode Pembelajaran
Ada beberapa tahap yang dilakukan tutor yaitu:
  1. Pengamatan terhadap tayangan iklan televisi
Pada tahap ini tutor mengevaluasi tayangan iklan televisi untuk direkam dalam VCD.( seperti yang disertakan dalam karya ini) yang memuat iklan menggunakan bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan.
  1. Menentukan jumlah iklan untuk digunakan sebagai metode pembelajaran dari kompetensi dasar yang berbeda- beda. Dalam hal ini ditentukan  dua iklan.
  2. Mempresentasikan iklan tersebut kepada warga belajar saat jam tatap muka.
  3. tutor mengevaluasi hasil pembelajaran yang telah berlangsung dengan memberikan soal-soal latihan yang telah disiapkan tutor  sebelumnya baik secara lisan maupun tulisan
  4. Pada kegiatan pembelajaran hari berikutnya  tutor cukup memberi tugas warga belajar agar mengamati 2  materi tayang iklan televisi yang telah ditentukan oleh tutor.
  5. Tutor akan melakukan evaluasi hasil pengamatan warga belajar di rumah seminggu kemudian, atau tergantung kemampuan warga belajar, atau tergantung pada kebutuhan terhadap pembagian materi sesuai tuntutan kurikulum.
B. Sasaran Dari Pelaksanaan Metode Pembelajaran
Sasaran dari pelaksanaan metode pembelajaran berbasis hiburan ini adalah warga belajar Paket B Mansya’ul Ma’arif  yang saat ini berada di kelas VIII.
C. Aspek Skill / Standar Kompetensi
Aspek skill / standar kompetensi yang digunakan adalah semua kompetensi dasar bahasa yaitu kompetensi mendengar, berbicara, membaca dan menulis, namun pada dasarnya pada metode ini lebih kepada mendukung kompetensi mendengar dan berbicara..

D. Sumber, Alat, dan Media Belajar
Sumber belajar dari metode ini adalah televisi itu sendiri dan buku-buku yang relevan dengan metode ini sebagai sumber pendukung. Begitu juga media dari metode ini adalah televisi  itu sendiri.
E.Tempat Pelaksanaan
Tempat pelaksanaan ini dibagi dua, yaitu:
1.    Ruang kelas yang sudah tersedia televisi dan CD player untuk penayangan iklan yang sudah diadopsi dari tayangan iklan langsung.
2.    Rumah warga belajar atau tempat dimana warga belajar melihat televisi, sebagai tempat mereka untuk menerapkan metode ini dan mengerjakan tugas dari tutor.
F.    Waktu Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan kegiatan pertama dilakukan di dalam kelas yaitu saat pelajaran bahasa Inggris, untuk menjelaskan tentang metode ini.
 Kegiatan berikutnya dilakukan di rumah dan  di sekolah  secara rutin seperti yang telah disebutkan dalam mekanisme pelaksanaan di atas.
G.    Jadwal Kegiatan
Jadwal kegiatan dibagi menjadi dua bentuk yaitu:
1.    Kegiatan yang telah terjadwal seperti pada pembelajaran yang sudah berjalan, yaitu pada waktu pembelajaran bahasa Inggris  di kelas .
Jadwal Kegitan ada di halaman berikutnya
2.    Kegiatan yang dilakukan di tempat tinggal masing- masing waga belajar, dengan  penjadwalan kegiatan di rumah mereka ( contoh jadwal pada halaman berikut). Dalam perumusan jadwal kegiatan di rumah ini tetap memperhatikan kebutuhan dan kondisi real warga belajar, artinya, tutor memberi jadwal berdasarkan hasil musyawarah dengan warga belajar, agar mereka dapat melakukan pembelajaran di rumah dengan rasa kerelaan, tanpa paksaan dari totur.
Hal yang perlu disiapkan untuk belajar di rumah ini akan disebutkan pada table di halaman berikutnya


Tabel 3.1 Jadwal PembelajaranKejar Paket B Mansya’ul Ma’arif
Hari
Waktu
Jam ke-
Materi
Pembelajaran
Tutor
Rabu
18.00-18.40
1.
B. Indonesia
Zumrotus. S, SS
18.40-19.20
2.
B. Indonesia
Zumrotus. S, SS
19.20- 20.00
3.
B. Indonesia
Zumrotus. S, SS
20.00-20.15
Istirahat
20.15-20.55
4.
Agama
Nurul.J, S.Ag
20.55-21.35
5.
Agama
Nurul J., S.Ag
21.35- 22.15
6.
B. daerah
Nurul J., S.Ag
Jum’at
18.00-18.40
1.
PKn
Astatik, S.Ag
18.40-19.20
2.
PKn
Astatik, S.Ag
19.20- 20.00
3.
IPS
Yeni E., SE
20.00-20.15
Istirahat
20.15-20.55
4.
IPS
Yeni E., SE
20.55-21.35
5.
IPA
Afandi, S.Pd
21.35- 22.15
6.
IPA
Afandi, S.Pd
Sabtu
18.00-18.40
1.
Ketrampilan
Ismi Latifah
18.40-19.20
2.
Ketrampilan
Ismi Latifah
19.20- 20.00
3.
Ketrampilan
Ismi Latifah
20.00-20.15
4.
Ketrampilan
Ismi Latifah
Minggu
18.00-18.40
1.
B. Inggris
Astatik, S.Ag
18.40-19.20
2.
B. Inggris
Astatik, S.Ag
19.20- 20.00
3.
B. Inggris
Astatik, S.Ag
20.00-20.15

Istirahat
20.15-20.55
4.
Matematika
Nur Lailatul. Q, S.Pd
20.55-21.35
5.
Matematika
Nur Lailatul. Q, S.Pd
21.35- 22.15
6.
Matematika
Nur Lailatul. Q, S.Pd



 Tabel 3.2 Jadwal Pembelajaran di Rumah *)dalam Menerapkan metode Pembelajaran Berbasis Hiburan
“Memanfaatkan Tayangan Iklan TV”
Hari
Waktu
Topic/nama produk yang diiklankan
Aspek skill
Ungkapan/
Kalimat yang dipelajari untuk dihafal dan dikenal arti dan pola kalimat/frasenya
Keterangan

Senin
( satu Jam)
Sesuai waktu WB menonton TV
  1.Pampers
S2. Softener so klin
Mendengar dan berbicara/menirukan
Pharase : adjective + noun
1.active baby
2.micro perfume


WB melaksanakan kegiatan ini di sela-sela menonton  acara inti TV


1.Pampers
S2. Softener so klin
Membaca dan menulis
Selasa
( satu Jam)
Sesuai waktu WB menonton TV
11.Promag
2. sampo NR
Mendengar dan berbicara/menirukan
How to make sentences :
Using to be or verbs
1.one is enough
2.go to green go to NR
WB melaksanakan kegiatan ini di sela-sela menonton  acara inti TV


11.Promag
2. sampo NR

Membaca dan menulis
*) jadwal ini salah satu contoh jadwal untuk WB dan berlaku juga saat tatap muka di kelas


H.Hal- Hal yang Perlu Disiapkan Warga Belajar
Ketika mengikuti pembelajaran bahasa Inggris dengan metode ini ada beberapa hal yang perlu disiapkan oleh warga belajar
Table 3.3 kebutiuhan pembelajaran
No.
NamaAlat/
Bahan/Buku
Cara
Memperolehnya
Digunakan untuk
Waktu /Tempat Penggunaannya
1.
Kamus bahasa Inggris
1. membeli
Alat Bantu pembelajaran
Di kelas dan di rumah


2. meminjam dari anggota masyarakat yang bersekolah pada pendidikan formal




3. meminjam pada perpustakaan yayasan/penyelenggara


2.
TV
1. nonton di rumah
Sumber dan media belajar
Di rumah


2. nonton di rumah sanak saudara/teman


3.
Alat tulis
Dari penyelenggara
1.Mendaftar kalimat/kata
2.Dijadikan rujukan setelah mendapat materi dari tutor
Di kelas dan di rumah



H.   Metode Pembelajaran di Kelas
Untuk memudahkan tutor menerapkan metode ini, berikut ini salah satu contoh  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada kompetensi mendengar dan berbicara

Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran
a.Standar Kompetensi
Mendengar dan berbicara
 Memahami dan mengungkapkan makna dalam teks     lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dan memahami dinamika kehidupan nyata

b.Kompetensi Dasar
1.Merespon makna yang terdapat dalam  teks monolog pendek sederhana secara akurat lancar dan berterima untuk berinteraksi  dan memahami dinamika kehidupan nyata
  2.mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dan memahami dinamika kehidupan nyata

c.Indikator
  1. Merespon informasi dalam teks lisan monolog dalan tayangan iklan TV
  2. Menganalisis ciri kebahasaan dari tayaangan iklan yang ditonton dan didengar
  3. Menentukan  fungsi komunikatif dari teks yang  ditonton dan didengar


d.Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran warga belajar dapat
  1. Merespon informasi dalam teks lisan monolog dalan tayangan iklan TV
  2. Menentukan ciri kebahasaan dari tayaangan iklan yang ditonton dan didengar
  3. Menentukan  fungsi komunikatif dari teks yang  ditonton dan didengar

e. Materi Pembelajaran
Pharase adjective + noun
Iklan pampers dan softener so klin
f. Metode Pendukung Pembelajaran
Ceramah
Pemutaran  rekaman VCD
Kerja kelompok
g. Langkah-langkah pembelajaran

Pertemuan I
1.Kegiatan awal
a.                        Appersepsi : bertanya kepada WB  tentang kata sifat
b.                        Memberi motivasi : menunjukkan tayangan iklan  TV tentang adjectives
c.                        Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.kegiatan inti
a.    Penjelasan tutor tentang pharase : adjectives + noun
b.    Menonton tayangan iklan TV melalui rekaman VCD
c.    Membahas kosakata dalam teks
d.    Membentuk kelompok untuk . diskusi membahas pharase yang ditayangkan pada iklan TV.
e.    3.Penutup
a. diskusi membahas pharase yang ditayangkan pada iklan TV
b. menyimpulkan materi

Pertemuan II
1.Kegiatan awal
1.  Appersepsi : bertanya kepada WB  tentang hasil pengamatannya setelah menonton tayangan iklan yang berhubungan dengan materi sebelumnya
2.  Memberi motivasi : meminta salah satu WB menyebutkan salah satu tayangan iklan yang berbeda dari yang dikemukakan tutor namun tetap pada materi yang sama
3.  Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.kegiatan inti
1.    Presentasi per kelompok tentang materi pharase adjective + noun
2.    Penjelasan tentang materi yang sama pada buku modul
3.Penutup
Menyimpulkan materi
h.Rencana Tindak Lanjut
Memberi tugas untuk menonton tayangan TV  dengan materi sama namun pada kompetensi  membaca dan menulis menulis


VIII. Alat/bahan/sumber
Alat/bahan     : TV
 Sumber belajar: - Modul Bahasa Inggris untuk Paket B
                              - Kamus bahasa Inggris
                         
IX. Penilaian
a.                         Penilaian proses dalam kerja kelompok
b.                         Penilaian kinerja berupa hasil kerja kelompok

Tabel 3.4 Kriteria Penilaian Presentasi Kelompok
Mengungkapkan Tayangan Iklan Pampers dan Softener So Klin
No.
Kelompok
Indikator
Jmlh skor
Keterangan Indikator
Dalam Pensekoran
1
2
3
4







1.Menyatakan kosakata/kalimat
a. sesuai tayangan    : 25
b.kurang sesuai          : 20
c.  tidak sesuai            :10

2. Pronounciation
a.  Tepat                    : 25
b.  Kurang    tepat     : 20
c.   Tidak   tepat         : 10

3.Tata bahasa
Benar             : 25
Kurang benar : 20
Tidak benar    : 10

4.Pemahaman terhadap iklan
Baik          : 25
Cukup      : 20
Kurang      : 10



















REFERENSI

Abdillah Hanafi, Drs., M.Pd. Materi Teknik Motivasi (Makalah), BPPLSP Regional IV, Surabaya. 2007.
Bambang Yulianto, Dr., M.Pd. Aspek Kebahasaan dan Pembelajarannya, Unesa University Press, Surabaya. 2008.
Dirjen Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda. Kurikulum 2004. Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. 2007.

KATA PENGANTAR

Program pendidikan kesetaraan, dalam hal ini Kejar Paket B marupakan salah satu jalur pendidikan yang berperan aktif dalam upaya meningkatkan kwalitas masyarakat di bidang pendidikan yang tentunya berimbas di aspek kehidupan lainnya.
Agar pembelajaran di Kejar Paket B dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka diperlukan metode dan metode pembelajaran yang menarik bagi WB dan efektif dalam plaksanaan serta hasilnya. Karena itu, melalui lomba karya tulis ini, penulis mencoba menawarkan metode pembelajaran bidang studi Bahasa Inggris dengan media kontekstual tayangan iklan televisi sebagai metode pembelajaran listening dan memperkaya vocabularies yang efektif bagi warga belajar paket B.
Dengan selesainya penyusunan karya tulis ini, penulis mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada :
1.     Allah SWT atas limpahan rahmat, nikmat dan izin-Nya untuk menyusun karya tulis ini. Rahmat, nikmat dan izin tersebut senantiasa penulis harapkan dalam melaksanakan aktivitas hidup lainnya.
2.     Kepala Dinas Pendidikan Kapubaten Jombang, Kepala Bidang PNFI, Kepala Seksi Dikmas dan PAUD beserta staff di lingkungan PNFI, Kepala, penilik PNFI dan TLD UPTD pendidikan Kecamatan Mojowarno atas kepercayaan, motivasi dan dukungan yang diberikan untuk mengikuti lomba karya tulis Jambore PTK-PNF tahun 2009. Penulis tetap berharap agar pada event-event lain senantiasa diberi kepercayaan, motivasi dan dukungan untuk berpartiipasi mengembangkan kegiatan di lingkup PNFI
3.     Berbagai pihak yang telah mendukung secara moril dan materiil demi tersusunnya karya tulis  ini. Teriring do’a semoga dukungan-dukungan tersebut dicatat Allah SWT sebagai ibadah kepada-Nya.
Tentunya karya tulis ini belumlah mencapai derajat kualitas, untuk ini  perlu adanya kritik dan saran yang konstruktif dari pemaanfaat karya tulis ini.
Akhirnya, semoga karya tulis ini bermanfaat bagi perjuangan ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, amin.
Mojowarno, 1 Juni 2009
Penulis

DAFTAR ISI
Hal
SURAT REKOMENDASI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN ..................................................................................... 1
A.    Dasar Pemikiran................................................................................. 1
B.    Identifikasi Masalah............................................................................ 2
C.   Tujuan................................................................................................. 2
D.   Ruang Lingkup.................................................................................... 3
E.    Batasan Istilah..................................................................................... 4

BAB II  PILKADA SEBAGAI WUJUD DEMOKRASI
DALAM RANGKA MEMILIH KEPALA DAERAH................................ 5
A.    Memahami Demokrasi....................................................................... 5
B.    Pengertian Pilkada.............................................................................. 6
C.   Pentingnya Pemimpin yang Beriman, Bermoral,
Berilmu, Terampil dan Demokratis..................................................... 7  

BAB III PILKADA JOMBANG TAHUN 2008 SEBAGAI PRAKTEK
BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN WB KEJAR
PAKET B MANSY’AUL MA’ARIF......................................................... 10
A.    Tahapan Kegiatan............................................................................... 10
B.    Praktek Pendidikan Kewarganegaraan.............................................. 12

BAB IV PILKADA SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
DALAM BERDEMOKRASI DAN BERPOLITIK WARGA
BELAJAR PAKET B MANSYA’UL MA’ARIF ..................................... 22

BAB V PENUTUP................................................................................................ 25
A.    Kesimpulan......................................................................................... 25
B.    Saran ................................................................................................. 25

REFERENSI......................................................................................................... 27